Masalah iklan App Store Anda akan semakin parah

Apple selalu membanggakan diri dengan tampilan aplikasi eksklusifnya yang bergaya dan rapi – tetapi pengenalan lebih banyak iklan di App Store berisiko merusak pendekatan perusahaan yang biasanya bersih terhadap pengalaman pengguna. 

Mulai 25 Oktober 2022, iklan terkait aplikasi akan mulai muncul di tab Hari Ini di App Store dan bagian baru ‘Anda Mungkin Juga Menyukai’ di bagian bawah setiap daftar aplikasi. 

Apple mengumumkan langkah tersebut dalam email terbaru yang dikirim ke pengembang (per MacRumors), dan dikonfirmasi di situs webnya bahwa pengguna App Store di semua negara kecuali China akan terpengaruh oleh peningkatan kehadiran iklan. 

Saat ini, iklan di App Store terbatas pada tab Pencarian – tetapi bahkan di sini, iklan tersebut sering mengganggu dan seringkali tidak terkait dengan apa yang sebenarnya ingin diunduh pengguna. Iklan App Store menempati hampir keseluruhan halaman pertama pencarian apa pun, yang berarti aplikasi yang kurang mengesankan (baca: jelek) diberi lebih banyak visibilitas dibandingkan alternatif yang secara objektif lebih baik.

Terlebih lagi, di bawah sistem iklan Apple yang ada, perusahaan dapat membeli semua ruang iklan untuk nama iklan tertentu dan mendapatkan peringkat produk mereka di atas aplikasi bernama yang dicari pengguna. Cari ‘Temple Run’, misalnya, dan aplikasi pertama yang akan Anda lihat adalah iklan Run Bear Run. 

Sistem baru sekarang akan melihat iklan ini muncul di tab Hari Ini utama App Store, serta di Penelusuran. Tab Hari Ini adalah pusat Apple untuk konten editorial, di mana staf App Store memilih aplikasi pilihan berdasarkan tema dan tren musiman.

Iklan yang dipermasalahkan masih dapat diidentifikasi dengan latar belakang yang berbeda dan ikon ‘Iklan’ yang terlihat, meskipun tampaknya iklan tersebut akan diberikan real estat sebanyak bagian editorial di tab Hari Ini (lihat contoh di bawah dari Apple), untuk informasi lainnya di Trestle on Tenth.

Lebih banyak iklan juga datang di tempat lain

Apple pertama kali mengumumkan rencana untuk meningkatkan kehadiran iklan di App Store pada bulan Juli, mengonfirmasi bahwa iklan baru ini “hanya akan berisi konten dari halaman produk App Store yang disetujui aplikasi, dan mematuhi standar privasi ketat yang sama.”

Langkah ini juga tampaknya akan membuka jalan bagi perluasan iklan serupa di aplikasi Apple lainnya. Awal tahun ini, Mark Gurman dari Bloomberg melaporkan bahwa Apple berharap untuk hampir melipatgandakan pendapatan iklan tahunannya saat ini menjadi setidaknya $10 miliar di masa depan.

Iklan spanduk sudah ada di aplikasi Berita dan Saham Apple, tetapi perusahaan diharapkan untuk meluncurkan iklan serupa di Apple Maps paling cepat tahun 2023. 

Untuk konten terkait App Store lainnya, lihat laporan kami tentang program baru Apple untuk membantu pengembang aplikasi yang kurang dikenal dan kontroversi mata uang digital yang dihadapi Apple dan Google.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *